Fadhil Muhammad Arief, Juliansyah (2025) EVALUASI KEPUASAN PADA ASPEK KUALITAS SISTEM, INFORMASI DAN LAYANAN SIMRS BERDASARKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN DI URM RSJD dr. ARIF ZAINUDDIN SURAKARTA. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Karanganyar.
![[thumbnail of COVER]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 COVER-min.pdf
Download (26kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN PERSETUJUAN KEASLIAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 SAH SETUJU ASLI-min_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
![[thumbnail of PENDAHULUAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 PENDAHULUAN-min.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of BAB I & II]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 BAB 12-min.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of BAB III, IV & V]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 BAB 345-min.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
42 DAPUS LAMPIRAN-min_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (276kB)
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) merupakan elemen penting dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data. Berdasarkan hasil studi pendahuluan RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta telah mengembangkan SIMRS sejak 2007 hingga menjadi sistem berbasis web bernama AZA Digital pada tahun 2024. Meskipun telah terjadi peningkatan teknologi masih ditemukan beberapa kendala seperti jaringan belum stabil, waktu muat lama dan data tidak tersimpan serta evaluasi kepuasan pengguna khususnya di unit rekam medis belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna SIM-RS AZA Digital berdasarkan aspek kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert yang disebarkan kepada 21 petugas rekam medis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada aspek kualitas sistem, mayoritas responden menyatakan puas (86%) dengan skor tertinggi pada kemudahan akses, sedangkan skor terendah menunjukkan sistem belum sepenuhnya bebas gangguan. Pada aspek kualitas informasi, 67% responden merasa puas, dengan skor tertinggi pada informasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan, serta skor terendah pada keakuratan data. Pada kualitas layanan, 48% menyatakan puas, namun masih ditemukan keraguan terhadap jaminan informasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara umum pengguna merasa puas terhadap SIM-RS, namun masih diperlukan perbaikan dalam hal stabilitas sistem, keakuratan informasi, serta dukungan layanan teknis. Disarankan agar rumah sakit untuk perlu meningkatkan kualitas layanan khususnya menyediakan layanan bantuan yang responsive guna mengurangi keraguan pengguna terhadap sistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu Kesehatan > 610.28 Rekam Medis 800 Literature & Rhetoric (Sastra) > 808 Penulisan & Retorika > Karya Tulis Ilmiah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Rekam Medis dan Informasi |
Depositing User: | Agus Trimanto |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:06 |
URI: | https://eprints.stikesmhk.ac.id/id/eprint/42 |