PENGARUH AFIRMASI POSITIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KORBAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS X DAN XI DI SMK WIKARYA KARANGANYAR

Santoso, Aliffira Malvika (2025) PENGARUH AFIRMASI POSITIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA KORBAN CYBERBULLYING PADA SISWA KELAS X DAN XI DI SMK WIKARYA KARANGANYAR. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Karanganyar.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan, Persetujuan & Keaslian] Text (Lembar Pengesahan, Persetujuan & Keaslian)
SAH SETUJU ASLI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I_Aliffira Malvika.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II_Aliffira Malvika.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III_Aliffira Malvika-min.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV_Aliffira Malvika-min.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V_Aliffira Malvika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Aliffira Malvika-min.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Aliffira Malvika-min (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan teknologi, khususnya penggunaan media sosial, memberikan dampak signifikan bagi remaja. Salah satu dampak negatif yang marak terjadi adalah cyberbullying, yang dapat menurunkan kepercayaan diri korban. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah afirmasi positif, yaitu teknik psikologis berupa sugesti melalui kata-kata positif untuk membentuk pola pikir yang membangun. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh afirmasi positif terhadap kepercayaan diri remaja korban cyberbullying. Metode Penelitian: Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental dan pendekatan pretest-posttest with control group. Sampel terdiri dari 65 siswa SMK Wikarya Karanganyar yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil Penelitian: Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok intervensi setelah diberikan afirmasi positif (p <0,05), sementara kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang bermakna (p >0,05). Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa afirmasi positif efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja korban cyberbullying. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan program intervensi psikososial di sekolah untuk meningkatkan kesehatan mental remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences (Ilmu Terapan) > 610.73 Keperawatan dan Ners
800 Literature & Rhetoric (Sastra) > 808 Penulisan & Retorika > Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Agus Trimanto
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:35
Last Modified: 25 Aug 2025 03:35
URI: https://eprints.stikesmhk.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item