Larasati, Naiya Salsa Billa (2025) EVALUASI KEPUASAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT PADA BAGIAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE HOT-FIT DI RSU JATI HUSADA KARANGANYAR. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Karanganyar.
![[thumbnail of COVER]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 COVER-min.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN PERSETUJUAN KEASLIAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 SAH-min.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
![[thumbnail of PENDAHULUAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 PENDAHULUAN-min.pdf
Download (68kB)
![[thumbnail of BAB I, II & III]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 BAB 123-min.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of BAB IV & V]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 BAB 45-min.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (107kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 DAPUS-min.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://eprints.stikesmhk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
53 LAMP-min.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (439kB)
Abstract
Sistem informasi manajemen rumah sakit adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintregasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi cepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui evaluasi kepuasan SIMRS pada bagian pendaftaran menggunakan metode Hot-Fit di RSU Jati Husada Karanganyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah petugas yang berkaitan langsung dengan SIMRS sebanyak 19 orang sebagai responden, diantaranya petugas rekam medis bagian pendaftaran dan petugas poli dan objek penelitian adalah kepuasan petugas terhadap SIMRS. Instrumen penelitian yaitu kuesioner tertutup dan pedoman wawancara tidak terstruktur, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Teknik pengolahan data menggunakan pengumpulan data, edit (editing), perhitungan, penyajian data, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian kepuasan SIMRS dari aspek human yaitu petugas mengetahui keuntungan bagi para pengguna SIMRS dan keuntungan bagi rumah sakit. Kepuasan SIMRS dari aspek organization yaitu adanya dukungan SK direktur tentang SIMRS dan SIMRS terintegrasi dengan BPJS. Kepuasan SIMRS dar aspek technology yaitu SIMRS mendukung kebutuhan informasi dan SIMRS menyajikan data yang update. Keterkaitan ketiga elemen terhadap Net-benefit dapat membandingkan SIMRS yang muncul kinerja (hasil) produk yang diperkirakan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Sebaiknya RS melakukan maintenance rutin bulanan dan evaluasi penggunaan sistem setiap 3 bulan sekali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu Kesehatan > 610.28 Rekam Medis 800 Literature & Rhetoric (Sastra) > 808 Penulisan & Retorika > Karya Tulis Ilmiah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Rekam Medis dan Informasi |
Depositing User: | Agus Trimanto |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 06:28 |
URI: | https://eprints.stikesmhk.ac.id/id/eprint/53 |